Latihan Nulis

VENUS WILLIAMS KELUAR DARI AUSTRALIA OPEN 2018 BABAK PERTAMA DONGG.

Kaget, gak nyangka, dan whoa.. She is The Venus Williams, kan?

Tapi ya, tennis emang gitu (sok teu). No such thing as forever champion, except your a Roger Federer. Haha.. Kalo si Roger sih emang juara lah, konsisten banget maennya. Towb.

Tahun ini menang, pulang latihan lagi, lupain yang kemaren, latihan lagi, tanding lagi. Bayangin hidup lo gituuu aja terus. Latihan, tanding, latihan, tanding, dst. Never ending practise lah bisa dibilang. Jadi kebayang lah kehidupan mereka kayak apa. Gak kerasa berat karena that’s their hobby. Makanya penting tuh kerja sesuai hobi.

Sama nih kayak gw yang lagi latian nulis, nulis, dan nulis tiap hari. Gak ngerasa kejebak kan? Kan gw dah tulis judulnya dari awal. Hehehe..

Advertisements

Gr8ful4

Alay title, yes I know. Hahaha..

Well, I’ve been meaning to write about this since days, if not weeks, ago. I noticed few things that happens every day and for some reason I never realize how lucky I am to have all that.

And all of the sudden, your mind kind of open, and you finally “see” the real gem hidden.

Pas bangun pagi, ngeliat si mom lagi sibuk masak, oseng-oseng kuali, atau potong-potong bawang. Saat mo brangkat kantor, doi ikut nganterin ke pintu depan. Atau saat malam pas gw buka pintu kamar only to find her snooring hard and very, very loud:D

Dan yang paling gw syukuri adalah, gw bisa pakein dia selimut sebelon gw matiin lampu dan crash to bed. Unlike me, she loves cold and refuse to wear blanket until late at night. To me, that is one experience I wouldn’t trade of for anything else. And I asked God that I can do that as long as I could.

Looks usual dan sounds nothing special on it, but one morning I found her feeling sick, sitting on a chair, resting, my heart stopped. Or one day when she sleep over on her brother’s house, I walk to front door alone. That is kind of big difference.

Those usual daily things I see every day and grateful for my mom forever.

 

5MP

In the middle of crazy huge megalixels phone camera right now, do you wonder what five megapixels phone camera looks like?

Well, it’s from an ipad to be precise.


Boom. There you go. Pretty rustic, eh? This was something like four years ago. FOUR years. Imagine what a phone camera could give you in the next four?

Hey

Hey, apa kabar? Selamat tahun baru 2018 ya. Agak kaku juga ya ternyata kalo udah lama gak nulis. Bahkan di blog gw sendiri. Haha..

Anyway, gw abis discover (lagi) about my personality type. Konon INFJ lah tipe kepribadian yang paling mencirikan gw. Gw lupa udah berapa kali ikut tes 12 menit itu, dan kayaknya setiap kali ada temen gw yang nyebut soal personality test, langsung deh gw buka dan tes lagi. Tapi tidak kali ini. Udah eneg kali ya. Jadi, entah valid apa ngga, tipe kepribadian gw itu, si INFJ. Dan ternyata rare dong. Woaow. Jadi kembang kempis deh idung gw.

Trus dibilang lagi kalo karir yang cocok itu (salah satunya) penulis. Yaudah sih ya, I mean. Selama ini gw kayak ngubek-ngubek sendiri nyari hal yang sebenernya gw udah miliki. Kayak you have it the whole time, tapi lu sibuk rungsing sendiri nyari-nyari, apa sih yang cocok buat gw? Kerjaan yang cocok buat gw apa sih. Udah bener sih, nulis. Dirajinin aja yang penting.

Udah masup resolusi tahunan (ulangan) kok.

Anyway, selain itooh.. masih ada lanjutannya neh. Ternyata judul dari si INFJ itu The Advocate. Dan semakin gw baca itu deskripsi dan tendensinya, ya ampun, bergidik dan merinding sendiri euy. It makes me think, what would happen ya kalo waktu itu gw jadi ambil jurusan psikologi instead of design. Would i be somewhere else doing something else?

Intinya, mau lu muter-muter ke mana tau, pada akhirnya lu akan kembali ke hal mendasar yang memang diri lu.

And relax, “life will find its way.” -Jurassic Park

Antik kayak Porselen Cina

Tadi sebelom ke kamar mandi gw sempet liat anak-anak deket rumah lagi main. Yang lebih besar namanya otong, yang kecil-kecil gw gak tau siapa namanya. Mereka main bola. Biasa lah ya anak kecil gak bisa liat space kosong dikit langsung disulap jadi lapangan. Jadilah mereka maen tendang-tendangan. Trus pas mereka lagi maen tau-tau yang kecil kayak mewek nangis. Mungkin karena ditendang bola terus kali sama si otong. Entah..

Tapi dari kejadian itu gw jadi inget waktu dulu gw masih sekitar SMA, gw suka maennya sama anak-anak yang umurnya jauuuhh lebih kecil. Mungkin masih SD deh. Haha jauh banget ya rentangnya? Gimana dong gw kan emang anaknya suka berbaur. Ehem.

Gw inget selalu sebel kalo pas lagi seru-serunya maen salah satu dari mereka nangis. Ya nangis karena kalah maen sega lah, nangis karena keinjek tangannya gak sengaja lah, banyak deh. Trus jadinya tiap kali maen sama mereka gw kudu baek-baekin mereka, ngalah sedikit biar mereka menang, atau setidaknya jika mereka kalah, ya juara 2 dari 4 atau 5 lah biar ga ngambek. Soalnya kalo mereka udah ngambek, itu permainan jadi bubar, dah ga asik lagi jadinya. Jadinya gw gak fully being myself kalo maen sama mereka.

Ya, ya, i know, gw juga seharusnya maen sama anak seumuran gw iya i know. But my point is, pernah gak sih lo ketemu orang yang lo harus jagain terus perasaannya biar dia gak ngambek? Biar moodnya terjaga prima sehingga suasana apapun yang sedang kalian hadapin bareng itu tetep enak dan gak wuakwuauw. Cape kan? Nyebelin kan? Malesin kan?

Nah, jangan suka bikin orang di sekitar kita jadi was-was jagain perasaan kita karena kita antik kayak porselen cina. Itu aja sih maksud gw.

Don’t Buy Your Kids iPad Just yet, Mom and Dad

Ternyata banyak kejadian menarik yang gw temuin waktu strolling around di toko buku tadi siang. Kali ini bukan pengalaman liat-liat bukunya yang menarik, tapi orang-orang yang gw temuin di sana.

Salah satunya adegan bapak yang setengah kesel karena anaknya kepengen beli buku. Dia kayak ngedumel sendiri gitu, menurut dia semua yang dijual di situ bisa dia dapetin di google, FREE!

Awalnya gw kira dia lagi on the phone pake bluetooth, soalnya ngomong sendiri gitu, taunya lagi ngedumel sendiri karena anaknya kepengen beli. “Ck, it’s the same you know. I buy you ipad and you can get all this. Sama aja.” Dengan logat engles yang bercampur indo. Dokh, koh.. Anaknya kepengen baca buku yaudah sih..

Sayang banget sih menurut gw kalo semangat anak mengenal buku belom apa-apa udah dipatahin. Mungkin sebenernya anaknya masih kepengen pegang kertas, ngeliat hasil cetakan warna warni, nyium bau tintanya. Sayang kan kalo orangtuanya kayak gitu semua, ngerasa buang-buang duit beli dan malah nyari yang gratisan di online. Soalnya itu pengalaman beda banget loh, antara megang buku dan megang ipad. Seriously.

Jadi kepikiran aja sih, mungkin gak ya alasan generasi yang sekarang ini anti ke toko buku bisa jadi bukan karena mereka gak minat, tapi karena ada dorongan dari ortunya untuk beralih ke digital, yang diklaim serba FREE, tinggal download.

Padahal sama kayak anak kecil diajarin bahasa, harusnya bahasa indo dulu sampe lancar, baru diinstall bahasa lain buat pendukung. Bukan sebaliknya. Jadinya pada belepotan deh tuh anak sekarang ngomong indonya.

Nah, sama. Minat anak harusnya dimulai dari buku dulu, biar mereka pegang, ngerasain dulu what it’s like to read a book, baru deh setelah kuat pemahamannya, disuguhin digital. Liar loh bisa-bisa kalo langsung online. Kayak ada missing piece ntar yang ada, kayak ada step yang terlewatkan.

Tapi gak tau juga sih, maybe it’s just me. Let’s hope not. Yang jelas, gw liat tadi masih ada orang-orang yang rela duduk, jongkok, di depan rak komik. Yah, mayan lah ya, meski bukan buku berat, tapi mereka masih tertarik sama cerita. Aren’t we all too?

Pak Akbar Tandjung

Gak sengaja tadi siang ketemu Akbar Tandjung di Grand Indonesia. Meski gw gak ngefans dan gak pernah look up amat sama geng-nya Orba, tapi ada yang beda dari sosok yang gw liat tadi siang.

Menurut laporan pandangan lirikan mata sih sepertinya dia ditemenin sama anaknya, yang setelah ditelusuri adalah anak bungsunya. Hemm, apa ya, he reminds me of my late dad. I don’t know why, mungkin karena dia jalan sama anaknya kali ya. Dulu gw juga suka ngajak bapak gw ke gramed, cuma buat nemenin gw liat-liat buku. Mungkin itu.

So, yeah, he looks old. Dari yang gw baca sekarang umurnya udah 70 tahunan. Old but fit if i may say. Dan lihat dia dengan pakaian batik rapi, you know he’s an important person. Sekilas dia nampak kayak pengunjung kebanyakan. Biasa kan pejabat minimal ada yang nemenin. Well, honestly baru kali ini sih gw ketemu pejabat seliweran di toko buku. Makanya agak amazed. Mana tadi dia cuma jalan berdua sama putri bungsunya aja lagi. So, very casual, very down to earth. Cuma kayak orang yang abis dari kondangan aja, rapi bener.

Awalnya gw kira dia cuma orang yang mirip sama Akbar Tandjung, karena tadi keliatannya lebih kurus. Entah ya, mungkin sosok Akbar Tandjung yang gw inget itu waktu dia masih ngejabat jadi menterinya Pak Harto kali. Haha..

So anyway, karena udah terlanjur penasaran, ini pak akbar tandjung bukan sih? Akhirnya gw liatin terus gerak-geriknya. Dia mampir ke rak buku bertemakan Politik. Huh, and why am i not surprised? Tapi lucu juga sih ngeliatnya, ternyata politikus demennya baca yang berkaitan sama bidangnya juga ya. Sama kayak kita yang suka liat buku yang berhubungan dengan dunia kerja kita.

Tadinya mau gw potret masukin ke instastory pake caption, “Ketemu Akbar Tandjung di Gramed dan liat dong dia ke rak buku apa?” cuma takut ngeganggu dan bikin gak nyaman. Bapaknya sih gak ngeh, tapi anaknya tuh kayak tau kalo gw tau itu bapaknya siapa. Jadi ya, gw behave senormal mungkin tadi. So, yeah, tadi rekor jarak terdekat gw dengan yang namanya Pak Akbar Tandjung, sampe sejengkal jaraknya sama mantan orang nomor satu di Golkar itu.

Dan ternyata dia juga kayak orang biasa yang suka jalan sama anaknya ke toko buku di hari minggu. Cuma bedanya minatnya tetap baca buku tentang politik. Menarik ya.

Sehat-sehat ya, Pak Akbar..